TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dispar Sertifikasi Puluhan Pramusaji dari Resto dan Hotel se-Tangsel

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 15 Mei 2024 | 16:17 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG UTARA - Pemerintah melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memfasilitasi puluhan pramusaji di wilayahnya untuk mendapatkan sertifikat kompetensi dalam bidang pekerjaannya. 

Kegiatan tersebut berlangsung Kawasan Alam Sutera, Serpong Utara, Tangsel, Rabu (15/5/2024). 


Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangsel, Heru Sudarmanto menerangkan, keberadaan pramusaji atau yang lebih dikenal waiters dalam sebuah restoran ataupun di perhotelan memegang peranan yang sangat penting. 

"Mereka bagian dari food and beverage service. Mereka menjadi bagian yang melayani tamu secara langsung bertemu dari tamu datang sampai tamu pergi," terang Heru. 

Mereka, kata Heru, memberikan segala bentuk pelayanan mulai dari menyambut kedatangan tamu hingga menjaga aspek kebersihan dalam lingkungan restoran tersebut. 

"Oleh karena itu, supaya dapat menjalankan berbagai macam pekerjaanya sesuai dengan standar, maka harus mendapatkan pelatihan," ujarnya. 

Menurutnya, sertifikat kompetensi ini merupakan sebuah pengakuan terhadap seorang tenaga kerja yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar kompetensi kerja yang dipersyaratkan.

"Bertujuan untuk memastikan seorang tenaga kerja terjamin kredibilitasnya. dalam pekerjaan yang diemban dan dipertanggungjawabkan oleh pemilik sertifikat," terangnya. 

Untuk itu, sertifikat kompetensi ini menjadi bagian penting yang harus dimiliki oleh setiap pekerja. Terutama oleh para pramusaji. 

"Dapat meningkatkan kepercayaan diri dan memiliki bukti bahwa kompetensinya telah diakui. Untuk karyawan yang sudah bekerja dalam sebuah perusahaan dapat meningkatkan jenjang karir dan promosi yang lebih baik," paparnya. 

Lebih lanjut, Kabid Ekraf Dispar Kota Tangsel, Farah Diba menuturkan, kegiatan sertifikasi ini diikuti oleh puluhan pramusaji yang bekerja dari beberapa resto dan hotel ternama di Tangsel. 

"Terdiri dari 50 peserta dari 23 tempat usaha yang ada di Tangsel, di antaranya18 resto dan 5 hotel," paparnya. 

Sertifikasi ini, lanjut Farah, diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan keahlian para pekerja di Tangsel. Khususnya di bidang pariwisata ini. 

"Manfaatnya, mampu meningkatkan rasa percaya diri, mampu mengukur kemampuan masing-masing dan membantu akses untuk mengembangkan diri melalui hasil ujian nantinya, mampu mengetahui sejauh mana keahliannya," pungkasnya.

Komentar:
Eka Hospital
Bapenda
ePaper Edisi 29 Mei 2024
Berita Populer
03
04
Datangkan Pemain ke-12, Sparta Usir Habib FC

Olahraga | 2 hari yang lalu

05
06
09
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo